Kamis, 30 Maret 2023

Integral Fungsi Rasional Faktor Kuadrat dan Integral Fungsi Rasional yang memuat Sin x dan Cos x



Definisi Integral Fungsi Rasional Faktor Kuadrat

        Selain dalam bentuk penyebut integran dinyatakan dalam faktor linear berbeda dan berulang, dapat juga difaktorkan dalam kombinasi linear dan kuadrat. Artinya penyebut dapat difaktorkan dalam bentuk kombinasi linear dengan kuadra atau kuadrat dengan kuadrat. Selanjutnya integran dengan bentuk seperti ini dijadikan jumlah pecahan n parsial `\frac{f\left(x\right)}{g\left(x\right)}=\frac A{ax+b}+\frac{Bx+C}{px^2+qx+r}`, berdasarkan jumlah tersebut dapat ditentukan A,B, dan C.


Contoh Soal Integral Fungsi Rasional Faktor Kuadrat







 Definisi Integral Fungsi Rasional yang memuat Sin x dan Cos x

  Fungsi `F\left(x\right)=\frac{f\left(x\right)}{g\left(x\right)}`, `g\left(x\right)\ne0`, `f\left(x\right)` dan `g\left(x\right)` memuat fungsi trigonometri dapat juga dikategorikan sebagai fungsi rasional, hanya saja tidak dapat disebut sejati atau tidak sejati. Hal ini dikarenakan `f\left(x\right)=\sin\left(x\right)` dan `f\left(x\right)=\cos\left(x\right)` tidak mempunyai derajat seperti halnya dengan fungsi polinomial. Pengintegralan jenis ini menggunakan Metode Substitusi. Berikut ini diberikan beberapa contoh fungsi rasional yang pembilang dan penyebutnya memuat `f\left(x\right)=\sin\left(x\right)` atau `f\left(x\right)=\cos\left(x\right)`.



         Sehingga dalam bentuk pengingtegralan fungsi rasional yang pembilang dan penyebutnya memuat fungsi trigonometri adalah :



        Selesaian integral bentuk-bentuk di atas adalah menggunakan metode substitusi 𝑥 = 2 arctan 𝑧 sehingga `dx=\frac2{1+z^2}dz`. Selanjutnya sin 𝑥 dan cos 𝑥 disubstitusi ke bentuk variabel z. Karena 𝑥 = 2 arctan 𝑧 maka :

`\tan\left(\frac x2\right)=z`

Menurut rumus identitas fungsi trigonometri


Menurut rumus identitas fungsi trigonometri yang lain


Dengan rumus jumlah cosinus didapat:


 Dengan rumus jumlah sinus didapat:


Dengan demikian integral fungsi rasional yang memuat fungsi trigonometri dapat diselesaikan dengan menggunakan substitusi.

`x=2arc\tan z`, `\sin\left(x\right)=\frac{2z}{1+z^2}`, `\cos\left(x\right)=\frac{1-z^2}{1+z^2}`



 Contoh Soal Integral Fungsi Rasional yang memuat Sin x dan Cos x





SEKIAN TERIMA KASIH DAN SEMOGA BERMANFAAT UNTUK TEMAN-TEMAN!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar